Harga Bitcoin Meroket Terus, Ini 5 Fakta Unik Tentang Bitcoin

Buat kamu yang tergoda terjun dalam investasi Bitcoin, baca dulu 5 fakta unik terkait aset kripto satu ini.
harga_bitcoin

Kamu yang suka bermain trading pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Bitcoin. Ya, beberapa hari belakangan popularitas Bitcoin semakin meroket seiring pandangan sejumlah tokoh dunia yang menyebutkan mata uang digital ini bisa menjadi aset investasi yang menjanjikan.

Pada januari 2021 Elon Musk melalui perusahaannya dilaporkan telah menginvestasikan dana sebesar US$1,5 miliar atau setara Rp22 triliun untuk Bitcoin. Dampaknya, nilai Bitcoin terus menyentuh rekor harga baru (All-Time High).

Buat yang belum tahu Siapa Elon Musk. Elon Musk adalah penemu sekaligus tokoh bisnis, dan industrialis dari Amerika Serikat.

Berkat Elon Musk harga 1 Bitcoin saat ini telah mencapai Rp881 juta. Benar-benar nilai yang menakjubkan kan? Buat kamu yang tergoda terjun dalam investasi Bitcoin, baca dulu 5 fakta unik terkait aset kripto satu ini, yuk!

Intip 5 fakta Unik Tentang Bitcoin

1. Siapa Pencipta Bitcoin?

Meski sekarang menjadi aset kripto paling populer, hingga saat ini pencipta asli Bitcoin masih misterius. Menurut arus Informasi yang beredar menyebutkan bahwa Bitcoin dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Alhasil banyak teori beredar luas terkait siapa sesungguhnya Satoshi Nakamoto ini. 

Dari rangkuman Coinmarketcap.com, sejumlah nama seperti Dorian Nakamoto, Nick Szabo dan Elon Musk pun disebut sebagai sosok asli Satoshi Nakamoto. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada publikasi resmi terkait siapa pencipta Bitcoin yang sebenarnya.

2. Nilai Bitcoin Tak Lebih dari 1 Dolar AS waktu pertama kali muncul

Mau tahu nggak berapa harga sekeping Bitcoin ketika pertama kali digunakan? Pada awal kehadirannya, nilai Bitcoin disebut tak lebih dari US$1 atau sekitar Rp451. Sejalan dengan berjalannya waktu, harga Bitcoin mulai meningkat menjadi US$5 sampai US$7.

Di tahun 2013, nilai Bitcoin pun meroket drastis hingga US$1.000 per koin, kemudian menjadi US$19.000 di tahun 2015. Pada tahun 2021 disebut sebagai masa kejayaan Bitcoin karena harga satuannya berhasil menyentuh US$60.000.

3. Pertama kali Digunakan Untuk Membeli Dua Loyang Pizza

Waktu pertama kali muncul, hanya sedikit orang yang mau menggunakan Bitcoin. Tepatnya pada 22 Mei 2010, warga asal Florida yang bekerja sebagai programer yaitu Laszlo Hanyecz membeli dua loyang pizza seharga 10.000 Bitcoin dari Papa John’s Pizza.

Sejak itu pertama kali Bitcoin resmi digunakan sebagai alat transaksi. Untuk mengingat momen tersebut, 22 Mei kemudian diperingati sebagai Bitcoin Pizza Day.

4. Hanya Tersedia Sebanyak 21 Juta Keping bagi para pengguna

Selama pembuatannya, Bitcoin dirancang menggunakan peraturan pasokan terkontrol. Itu artinya Bitcoin memiliki maksimum pasokan. Sang pembuat memperhitungkan bahwa mata uang digital ini akan ada sebanyak 21 juta bagi para pemakai.

Kini, penambangan Bitcoin sudah mencapai 88,3% atau sekitar 18,5 juta. Sisanya sekitar 2,5 juta BTC. Apa yang terjadi jika Bitcoin habis ditambang? Skema paling positif adalah terjadi kelangkaan pasar terhadap Bitcoin. Alhasil harga Bitcoin di masa yang akan datang melonjak lantaran tingginya permintaan dan rendahnya ketersediaan Bitcoin.

5. Pernah di Pakai untuk Transaksi Ilegal

Sebelum naik daun seperti saat ini, Bitcoin pernah dipakai untuk alat pembayaran utama pada forum jual beli barang/jasa ilegal pada SilkRoad. Sekarang, situs tersebut sudah disita oleh FBI demi mencegah kejadian serupa yang menggunakan Bitcoin.

Nah, sekian ulasan tentang 5 fakta unik yang wajib kamu ketahui sebelum masuk ke dalam investasi Bitcoin. Selain menyimak ulasan di atas, jangan lupa untuk mempertimbangkan setiap risiko yang mungkin terjadi, ya. Semoga bermanfaat!