Tips Agar Betah di Perantauan

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa dirinya tidak suka merantau. Nah, untuk kamu yang akan merantau, simak tips ini agar betah dirantauan.
Tips Agar Betah di Perantauan

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa dirinya tidak suka merantau, ini dirasakan oleh sebagian orang yang berkepribadian introvert. Sebagian orang lagi berpendapat bahwa merantau merupakan hal yang menyenangkan karena bisa hidup mandiri penuh tantangan dan akan menghadapi hal-hal baru seperti teman, lingkungan baru dan sebagainya.

Saya sendiri suka hidup merantau karena dengan merantau kita bisa mempelajari banyak hal baru dan lebih bisa mengenal diri kita sendiri. Jika keadaan mengharuskan kamu untuk merantau, mau tidak mau kamu harus iklas menjalaninya demi meningkatkan kehidupan yang lebih baik.

Nah, untuk kamu yang akan merantau demi menempuh pendidikan atau tuntutan pekerjaan, berikut 7 tips agar betah dirantauan.

1. Gali informasi mengenai tempat tinggal barumu

Jangan berprasangka negatif terhadap lingkungan baru yang akan kamu tinggali. Cari informasi lingkungan barumu mengenai kebiasaan masyarakat disana, adat, budaya, bahasa yang digunakan dan lain-lain. Dengan mengetahui itu semua, kamu jadi punya gambaran bagaimana harus bersikap disana.

2. Beradaptasi secara perlahan

Kamu harus memaksakan diri untuk terbiasa berbaur dengan warga sekitar. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana, seperti mengikuti kegiatan bersama warga dan sesekali membeli barang-barang kebutuhan di warung. Dengan begitu warga jadi tahu akan kehadiranmu sebagai warga baru.

3. Menyapa lebih dulu dan membuka pembicaraan

Jangan ragu untuk menyapa dan membuka pembicaraan lebih dulu dengan orang baru. Dengan bersikap ramah, orang akan lebih menghormatimu dan dapat mempererat hubungan antara penduduk sekitar dan kamu. Jangan bersikap jutek karena nanti kamu bisa dijauhi dan tidak ada yang mau menolong jika seandainya kamu butuh bantuan.

4. Jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif

Setiap tempat atau kota pasti memiliki sisi negatif yang dianggap lumrah oleh warga sekitar. Kamu harus bisa menahan diri untuk tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif, namun kamu harus tetap menghormati kebiasaan, adat dan budaya di lingkungan barumu demi menjaga hubungan baik.

5. Sugesti diri sendiri bahwa lingkungan baru lebih menyenangkan

Yakinkan diri bahwa lingkungan baru lebih menyenangkan. Tanamkan pikiran-pikiran positif. Berikan sugesti bahwa kamu akan baik-baik saja hidup di lingkungan baru. Dengan menanamkan pikiran positif kamu tidak akan minder atau merasa ter-intimidasi oleh warga sekitar karena kamu orang luar.

6. Explore tempat tinggal barumu

Setiap daerah pasti memiliki sesuatu yang menarik untuk di explore. Daripada menghabiskan waktu di kos hanya untuk bermain game, lebih baik gunakan waktumu untuk explore lebih dalam setiap sudut kota yang kamu tinggali. Kamu bisa mengajak teman-temanmu yang sesama anak rantau atau asli sana agar lebih seru.

7. Dekorasi kamar senyaman kamu

Dekorasi kamar seperti mengatur letak barang, penerangan, serta kondisikan kamar sesuai dengan keinginanmu. Dengan begitu, kamu dijamin betah tinggal di rantauan dan pasti banyak menghabiskan waktu di kamar.

Kesimpulan

Dengan merantau bisa menjadikan kamu pribadi yang mudah beradaptasi dan penuh toleransi, menjadi pribadi yang lebih mandiri, akan mendapatkan teman dan keluarga baru, kamu akan mendapatkan pengalaman, cerita, tantangan yang tak akan terlupakan, kamu akan lebih pandai mengelola keuangan, menjadikanmu pribadi yang lebih pandai bersyukur, dan akan lebih mengerti arti keluarga ketika berada jauh dari mereka.

Jadi nggak usah takut untuk merantau, merantaulah untuk membangun karakter menjadi lebih baik.

Demikian Tips Agar Betah di Perantauan. Semoga tips diatas dapat menghilangkan rasa keraguan untuk merantau.