Mengenal Quarter Life Crisis dan Cara Menghadapinya

Pernah mendengar istilah quarter-life crisis? Ya, istilah ini sedang banyak digunakan, terutama di kalangan anak muda berusia dua puluhan.
Mengenal Quarter Life Crisis dan Cara Menghadapinya

Ketika memasuki usia 20-an pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah Quarter Life Crisis. Namun apakah kamu tahu apa itu Quarter Life Crisis?

Quarter Life Crisis adalah situasi di mana seseorang merasa tidak percaya diri terhadap karier, percintaan, dan keuangan pada dirinya sendiri. Tak jarang juga seseorang yang mengalami hal ini merasa bahwa hidupnya tidak memiliki tujuan yang jelas.

Hal ini disebabkan karena ada peralihan kehidupan di mana orang-orang di sekitarnya mulai memiliki jalan hidupnya masing-masing. Sehingga dia mulai membandingkan hidup orang lain dan merendahkan hidup sendiri.

Jadi intinya adalah Quarter Life Crisis itu kekhawatiran akan masa depan.

Adapun tanda-tanda seseorang yang mengalami Quarter Life Crisis

  • Kebingungan terhadap karier dan pekerjaannya
  • Mengalami masalah dalam keuangan
  • Sulit untuk membuat keputusan untuk masa depan
  • Khawatir akan ketertinggalan dari orang lain

Adapun hal yang membuat seseorang masuk dalam fase quarter life crisis

  • Keuangan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup
  • Putus cinta dari hubungan yang sudah cukup lama dijalin
  • Melihat teman sebaya mencapai kesuksesan terlebih dahulu
  • Membuat keputusan hidup yang dianggap salah

Nah, jika kamu merasakan tanda-tanda diatas artinya kamu sedang berada di fase Quarter Life Crisis. Tapi jangan khawatir, karena untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yuk simak caranya dibawah ini.

1. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Jangan buang waktumu untuk memandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lebih baik menghabiskan waktu dengan mempelajari hal-hal baru sambil mengasah skill yang dimiliki.

2. Selalu ingat bahwa hal ini normal

Setiap orang akan mengalami fase Quarter Life Crisis, jadi tidak perlu terlalu dipikirkan. Sadarin aja kalau kamu sedang mengalami fase ini, maka kamu akan lebih cepat untuk menemukan cara dan jalan keluarnya.

3. Jadilah Diri Sendiri

Untuk menghadapi quarter life crisis kamu harus bisa menjadi diri sendiri. Mulailah untuk mencintai diri sendiri, pahami apa yang disuka, dan coba mewujudkan mimpi yang sudah ada sejak dulu.

Dengan cara ini semoga kamu bisa melewati fase quarter life crisis dan menjalani kehidupan dengan lebih optimal.