5 Tips Bermain Media Sosial Agar Terhindar Dari Kejahatan

Saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita, dan banyak orang menggunakan media sosial untuk berbagi informasi
media_sosial

Saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita, dan banyak orang menggunakan media sosial untuk berbagi hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan sepenuhnya.

Tentu saja, ini dapat menyebabkan konten yang tidak pantas muncul di timeline media sosial. Namun, beberapa teknik dapat diterapkan untuk meminimalkan tampilan konten yang tidak pantas di akun media sosial kita.

1. Berhati-hatilah saat memilih teman di media sosial

Senang sekali bisa berteman dan terhubung dengan banyak orang di media sosial, tetapi itu juga bisa membawa kalian ke dalam situasi yang berbahaya.

Saat ini banyak penipu yang menyalahgunakan identitas pengguna media sosial dengan membuat identitas palsu.

Dengan memilih dan menerima teman virtual secara selektif, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban kejahatan dunia maya yang berbahaya.

2. Jangan klik link yang tidak jelas

Ada banyak thumbnail menarik yang tersebar di media sosial, dan sumber tautannya tidak diketahui.

Biasanya, tautan tersebut akan mengarahkan Anda untuk mengunduh lampiran yang memaparkan data ponsel atau komputer pribadi Anda ke program perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk menyusup ke sistem komputer untuk kerusakan.

Selain itu, link ini juga dapat memandu Anda untuk mengisi data pribadi yang bersifat rahasia, seperti nomor kartu kredit.

Oleh karena itu, demi keamanan Anda sendiri, harap hindari mengakses tautan yang tidak dikenal.

3. Gunakan sandi yang berbeda pada setiap akun media sosial

Penting juga untuk menggunakan kata sandi yang berbeda, unik dan aman di setiap media sosial.

Meskipun menggunakan satu kata sandi untuk setiap akun dapat menyederhanakan proses masuk atau login, itu sama dengan menggunakan satu kunci untuk membuka semua pintu yang Anda miliki, yang menunjukkan tingkat keamanan yang lebih rendah.

4. Buat konten yang bijak dan bermanfaat

Selain ketiga teknik di atas, untuk menciptakan ekosistem yang baik di media sosial, Anda sebagai pengguna juga harus berkontribusi dengan membuat konten yang cerdas dan bermanfaat.

Dengan cara ini, Anda dapat mencegah semua ancaman terhadap privasi dan konten yang melanggar. Oleh karena itu, berpikir dua kali sebelum melakukan apa pun di media sosial sangat penting untuk menciptakan ekosistem media sosial yang lebih baik.

5. Mengaktifkan fitur privasi

Terakhir, cara termudah untuk melindungi keamanan konten dan akun Anda di media sosial adalah dengan mengaktifkan fitur privasi.

Dengan cara ini, Anda dapat secara otomatis mencegah orang asing mengakses data pribadi Anda, yang dapat menyebabkan kejahatan dunia maya seperti penipuan, pembajakan, kebocoran data, dll.

Sekian tips dari saya agar tetap aman dalam bermain internet dan sosial media. Namanya juga kita jaga-jaga. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.