Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan (Jenis, Fungsi, Tujuan)

Dalam era digital yang semakin maju, bentuk iklan menjadi lebih variatif. Contohnya, iklan dapat ditemukan di platform media sosial atau dalam bentuk iklan kreatif di billboard.

apa yang dimaksud dengan iklan

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan

Berikut ini penjelasan singkat apa yang dimaksud dengan iklan.

Iklan adalah pesan yang disampaikan dengan tujuan memperkenalkan sebuah produk kepada audiens melalui platform media tertentu. Tujuan utama dari semua jenis iklan ini adalah membuat audiens sadar akan iklan tersebut dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Iklan merupakan instrumen penting dalam proses pemasaran dan menjadi bagian dari promosi pemasaran. Selain iklan, ada proses periklanan yang melibatkan biaya yang harus didistribusikan untuk sponsor dalam menjalankan promosi melalui ide dan produk.

Iklan harus memiliki sifat persuasif agar audiens tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai media.

Menurut Supriyanto dalam bukunya yang berjudul "Meraih Untung dari Spanduk Billboard Cetakan", iklan adalah promosi barang, jasa, perusahaan, dan ide yang dibayar oleh sponsor, yaitu perusahaan tertentu yang menjadi klien.

Definisi iklan menurut Kemdikbud adalah teks yang mendorong dan membujuk audiens agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya menggunakan gambar, gerak, dan suara sebagai unsur-unsur yang ditampilkan. Media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet biasanya digunakan untuk menyampaikan iklan.

Menurut KBBI, ada dua pengertian iklan. Pertama, iklan adalah berita pesanan yang bertujuan untuk mendorong dan membujuk audiens agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Kedua, iklan adalah pemberitahuan kepada audiens mengenai barang atau jasa yang dijual, yang dipasang di media massa seperti surat kabar dan majalah atau di tempat umum.

Periklanan adalah proses atau cara mengiklankan sesuatu kepada publik melalui iklan, sedangkan pengiklan adalah orang atau perusahaan yang mengiklankan atau memasang iklan. Pengiklanan sendiri merupakan bagian dari industri perdagangan di mana perusahaan atau individu menawarkan barang atau jasa melalui iklan.

Secara keseluruhan, iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan untuk membujuk atau memengaruhi audiens agar membeli atau menggunakan barang atau jasa yang diiklankan. Iklan dibuat oleh biro iklan untuk sponsor dan disebarkan melalui berbagai media seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan papan reklame di jalan-jalan.

Fungsi Iklan

Iklan memiliki beberapa fungsi objektif yang penting dalam promosi produk secara masif. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

1. Memberikan informasi kepada target konsumen

Iklan bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada audiens. Hal ini meliputi deskripsi produk, keunggulan, fitur, dan manfaat yang dapat diperoleh oleh konsumen.

2. Mempersuasi audiens untuk membeli produk yang ditawarkan

Iklan juga bertujuan untuk mempengaruhi audiens agar tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan. Dalam iklan ini, seringkali digunakan strategi persuasif seperti testimoni pelanggan, penawaran khusus, dan penekanan pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

3. Menjaga memori dan ingatan konsumen pada produk tertentu

Iklan juga berfungsi untuk menciptakan kesan yang kuat dan meninggalkan kesan yang tahan lama pada ingatan konsumen. Dengan terus menerus mempromosikan produk, iklan dapat membantu menciptakan brand awareness dan mempertahankan posisi produk dalam benak konsumen.

4. Memberi nilai tambah pada produk-produk yang sedang dipasarkan

Iklan dapat memberikan nilai tambah pada produk dengan menyampaikan keunikan, kualitas, atau manfaat yang membedakan produk dari pesaingnya. Dengan demikian, iklan dapat meningkatkan persepsi nilai konsumen terhadap produk tersebut.

5. Menjadi sarana bantuan daripada upaya lain perusahaan

Iklan juga dapat berperan sebagai alat bantu dalam mendukung upaya pemasaran perusahaan secara keseluruhan. Iklan dapat digunakan untuk memperkuat citra merek, meningkatkan visibilitas perusahaan, dan membangun hubungan dengan konsumen.

Kegunaan Iklan

Ada tiga tujuan utama dalam iklan, yang dapat dilihat dari tiga konteks yang berbeda:

1. Commercial Advertising (Iklan Komersial)

Tujuan iklan komersial adalah untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk yang dijual. Ada dua jenis iklan komersial, yaitu iklan strategis dan iklan taktis.

Iklan strategis bertujuan untuk membangun merek dan menganalisis nilai merek serta manfaat produk yang dipasarkan. Sedangkan iklan taktis diformulasikan untuk mendorong audiens agar melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

2. Corporate Advertising (Iklan Korporasi)

Iklan korporasi bertujuan untuk memperkuat citra perusahaan. Tujuannya adalah untuk membantu membangun citra positif pada produk yang dijual oleh perusahaan melalui berbagai strategi pemasaran.

3. Public Service Advertising (Iklan Layanan Masyarakat)

Iklan layanan masyarakat adalah kampanye sosial yang bertujuan memasarkan ide dan gagasan dengan kepentingan masyarakat. Iklan ini seringkali ditemukan di berbagai instansi negara, seperti ajakan untuk tidak korupsi, menjauhi narkoba, dan sebagainya.

Media memainkan peran penting dalam iklan karena menjadi sarana untuk memperluas promosi dan pemasaran produk atau kampanye sosial. Ada empat media iklan yang umum digunakan:

  1. Media cetak, seperti koran dan majalah.
  2. Media elektronik, seperti radio dan televisi.
  3. Media interaktif, seperti internet dan media sosial.
  4. Media alternatif, seperti iklan video, iklan di rambu lalu lintas, dan iklan di tempat umum lainnya.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan iklan. Iklan adalah sarana yang digunakan untuk menginformasikan dan mempromosikan produk atau pesan kepada audiens dengan berbagai strategi dan platform yang beragam.